CONTOH LAPORAN KINERJA BPD - a3diva -->

CONTOH LAPORAN KINERJA BPD

Didalam laporan kinerja badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sebelumnya kita pahami dulu apa Fungsi Dari Kelembagaan BPD. Kelembagaan Didesa yang Membahas Dan Menyepakati Serta menampung Dan Menyalurkan  Aspirasi Masyarakat Desa, Mengusulkan Dan berhentikan Kepala Desa,  Menetapkan dan Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perdes (PeraturanDesa) Adalah Fungsi Dari Badan Permusyawaran Desa (BPD). Yang Selalu di permasalahkan adalah Ketika  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tidak Mengerti Sebagai Apa Sesungguhnya tugas Utama di Desa sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat  belum tentu terwujud.

Kelembagaan Ini (BPD)  Memiliki suatu gambaran dari pencapaian pelaksanaan tugas dengan sasarannya memiliki visi dan misi dalam membangun desa bersama pemerintah desa dalam hal ini Kepala Desa yang bersumber kewenangan desa dan hak asal usul Sesuai UU NO 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

CONTOH LAPORAN KINERJA BPD

Lahirnya UU No. 6 Tahun 2014 tak lepas dari peran penting BPD yang notabene desa yang dulunya diposisikan sebagai obyek sekarang berubah menjadi subyek dengan pengembangan potinsi desa masing – masing. Kita tau bersama bahwa BPD Lahir dari Desa dan merupakan Perwakilan desa dengan terbentuk melalui Pemilihan Musawarah Desa yang sudah di amanatkan oleh Permendagri No 110 Tahun 2016.


Dari sini Bisa Dipahami Bahwa BPD Selalu Dekat dengan masyarakat dalam hal menampung dan menyalurkan  semua aspirasi masyarakat kepada pemerintah desa (kepala desa) dan seruluh perangkat desa. Satu hal Yang Harus Diketahui Bahwa Juga  BPD Memiliki Kewenangan dalam Mengawasi Proses Pembangunan Di Desa Dari Seluruh Aspek. Ini menunjukan bahwa BPD Memiliki Kekuatan Politik Di Bidang Sosial Kemasyarakatan desa.

Dalam Hal Peningkatan Kinerja Kelembagaan Dalam Hal Ini Di Tingkat desa Maka Badan Permusyawaratan Desa Bersama – sama Masyarakat  harus Memperkuat tingkat kebersamaan serta selalu berpartisipasi  di dalam pemberdayaan masyarakat dan bersama – sama dengan kepala desa dan jajarannya dengan memfasilitasi pelaksanaan penyelenggaraan musyawarah desa didalam rancangan pelaksanaan pembangunan desa.

Setelah disepakatinya bersama – sama maka hal penting bagi badan permusyawaratan desa dengan mengawal dan mengawasi hasil dari pelaksanaan musyawarah tersebut. Disinilah peran penting badan permusyawaratan desa (BPD) Bahwa semua bentuk pelaksanaan kinerja pemerintah desa dalam pengawan dari badan permusyawaratan desa. Maka dalam pencapain maksimal kinerja badan permusyawaratan desa bisa dilihat dari laporan kinerja dilaporkan secara tertulis kepada Bupati/Wali kota melalui Camat serta disampaikan kepada Kepala Desa dan forum musyawarah Desa secara tertulis dan atau lisan.

Ini Adalah Contoh Laporan Kinerja BPD
Semoga Bermanfaat bagi kita.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "CONTOH LAPORAN KINERJA BPD"

  1. Sama atau tidak format laporan kinerja BPD se indonesia

    ReplyDelete
  2. Contoh laporan bpd kepada bupati melalui camat

    ReplyDelete
  3. BPD tidak lagi bisa mengusulkan dan berhentikan kepala desa, setelah ada perubahan mendasar dari BADAN PERWAKILAN DESA menjadi BADAN PERMUSYAWARATAN DESA... sekedar koreksi.

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel