CARA MENYUSUNAN OPERASIONAL DAN NON OPERASIONAL BUMDESA - a3diva -->

CARA MENYUSUNAN OPERASIONAL DAN NON OPERASIONAL BUMDESA




Dana Operasional BUMDes adalah dana yang bersumber dari pendapatan semua Unit usaha Bumdesa  yang digunakan oleh BUMDes untuk membiayai kegiatan operasional BUMDes. Sebelum Lanjut Ke Dana Operasional BUMDes Kita Harus Mengarti Tentang Apa Dan Bagai Mana Itu BUMdes.

CARA MENYUSUNAN OPERASIONAL DAN NON OPERASIONAL BUMDESA
BUMDes adalah Badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Badan Usaha Milik Desa yang disingkat BUMDes adalah merupakan suatu Bentuk Penguatan Dari Kelembagaan ekonomi desa dan sebagai pegangan Desa uuntuk paendayagunaan Ekonomi Lokal yang harus melihat Pendayagunaannya dari sisi Potensi desanya. Pastinya Suatu Desa Mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Punya Tujuan. Disini kita Berbagi Pemahaman tentang Pendirian Bumdes di desa.

 Hampir Semua Masyarakat Desa Bertanya-tanya Untuk apa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan. Lahirnya BUMDes Pada Dasarnya merupakan Suatu Bentuk dari Penguatan pendayagunaan Kelembagaan Ekonomi Lokal desa yang tentunya bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha ekonomi MIkro yang ada di desa.

Perlu Kita Ketahui juga bahwa BUMDes Merupakan Badan usaha ini dimiliki oleh desa dan dikelola secara bersama, Modal usaha bersumber dari pemerintah desa dan dari masyarakat melalui penyertaan modal, Operasionalisasinya menggunakan falsafah bisnis yang berakar dari budaya local, Bidang usaha yang dijalankan didasarkan pada potensi dan hasil informasi pasar, Keuntungan yang diperoleh ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Dan Pendapatan Asli Desa, Difasilitasi oleh Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pememerintah Kabupaten, dan Pemerintah desa, Pelaksanaan operasionalisasi dikontrol secara bersama Pemerintah desa, BPD, dan LPM

Tujuan BUMDesa Didirika Bukan berarti Mengambil Alih Usaha Kecil yang ada di Desa Melainkan Berdirinya BUMDesa adalah Sebagai Penopang Hidupnya Ekonomi di Desa Dengan berupaya menampung seluruh kegiatan dibidang ekonomi maupun pelayanan umum yang dikelola oleh desa atau kerjasama antar-desa.
Mari kita lihat beberapa hal pentingnya BUMDesa didirikan diantaranya :
Meningkatkan perekonomian desa, Mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, Meningkatkan usaha masyarakatdalam pengelolaaan potensi ekonomi desa, Mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, Menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, Membuka lapangan kerja, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, Meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan PAD Desa.

Dengan demikian adanya pendirian BUMDes di Desa. Kita Harus Bersyukur Dan terima kasih pada Pemerintah yang telah Berusaha Membangun desa yang Inspiratif  yang berskala Desa. Mari kita Dukung Pemerintah Desa Untuk Membentuk BUNDes Di desa kita Sebagai pendayagunaan Kelembagaan Ekonomi Lokal desa yang tentunya bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha ekonomi MIkro yang ada di desa.

Dengan Demikian kita juga harus tahu cara Untuk menysun dana opreasional dan non oprasional bumdes.


Senoga Bermanfaat. 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

ARTIKEL SAAT INI "CARA MENYUSUNAN OPERASIONAL DAN NON OPERASIONAL BUMDESA"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel